PANCASILA PENANGKAL PERPECAHAN BANGSA

Klikpendidikan – 1 Oktober, yang sampai saat ini masih kita peringati sebagai Hari Kesaktian Pancasila dilatarbelakangi peristiwa tertumpasnya gerakan 30 September (G30S) yang memakan korban para pahlawan revolusi.

Terlepas dari berbagai fakta sejarah yang coba diungkap belakangan ini, ada satu substansi yang Insya Allah masih kita sepakati sampai hari ini, yaitu apapun bentuk dari upaya mengganti ideologi negara akan “kualat”.

Ini karena Pancasila dirumuskan oleh para pendiri negara yang bermufakat dan kemudian bersepakat dalam situasi dan kondisi yang tanpa hasrat kepentingan pribadi, olah fikir dan olah rasa yang mereka lakukan semata-mata untuk lahir dan tumbuh kembangnya negara seiring dan senafas dengan cita-cita yang terpahat dengan agungnya pada Pancasila.

Oleh karena itu buanglah jauh-jauh ide atau upaya apapun untuk mengganti ideologi Pancasila. Marilah kita berperan menjadikan Pancasila sebagai perekat bangsa atau minimal dengan tidak berperan dalam upaya mencerai beraikan keutuhan anak bangsa dengan alasan apapun….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *